expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 02 November 2016

RENCANA TINDAK LANJUT GURU PEMBELAJAR

 Setiap program pelatihan  kegiatan akan bermanfaat jika jika program tersebut dilaksanakan. Namun sebelum pelaksanaan kegiatan kita harus membuat perencanaan sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan tujuan.

Dalam Diklat Guru Pembelajar pada akhir kegiatan, kita akan membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL)

Berikut contoh RTL untuk bahan referensi Bapak dan Ibu peserta Guru Pembelajar :
Rencana Tindak Lanjut

Selain Rencana Tindak Lanjut  peserta juga diwajibkan membuat  best practice.

Apa itu best practice?     

Best practice adalah pengalaman terbaik mengenai keberhasilan seseorang atau kelompok dalam memecahkan masalah ketika melaksanakan tugas. Dalam diklat Guru Pembelajar best practice adalah  “pengalaman terbaik” yang dilakukan dalam menyelesaikan setiap sesi dalam modul yang dipelajari.

Berikut adalah bentuk penulisan best practice yang akan dipresentasikan padaTatap Muka 3 untuk moda TM IN-ON-IN 30:30 dan Tatap Muka 2 untuk moda TM IN-ON-IN 20:40.

Penulisan 

1.   Penulisan Best Practice disusun oleh Peserta Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda TM IN-ON-IN yang dipilih oleh Instruktur berdasarkan hasil penilaian terbaik, sesuai Modul yang dipelajari. Setiap Instruktur memilih 4 (empat) orang peserta terbaik.
2.    Best Practice yang dikirim merupakan hasil kerja yang dilakukan saat mengikuti Diklat Guru Pembelajar
3.    Naskah laporan Best practice maksimal 10 halaman (pendahuluan maksimal 2 halaman, best practice maksimal 5 halaman, rencana pengembangan maksimal 2 halaman, kesimpulan dan saran 1 halaman), diketik 1,5 spasi menggunakan huruf Time New Roman ukuran 12 pt, batas tepi/margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 3 cm, dan bawah 3 cm. 
4.    Bahan presentasi dibuat menggunakan Powerpoint, masing-masing peserta terpilih diberi waktu untuk presentasi dengan durasi 20 menit. Power point dan Semua lampiran harus dijilid menjadi satu kesatuan dengan laporannya (tidak disajikan secara terpisah). 
5.    Naskah laporan, bahan presentasi dan lampiran dijilid dalam satu kesatuan menggunakan cover.

Kerangka Isi 

Bagian Awal  terdiri dari halaman judul, lembaran persetujuan, kata pengantar, daftar isi, abstrak atau ringkasan, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran 1.    (bila ada). 

2.    Bagian Isi memuat: 
3.    Pendahuluan: berisikan tentang latarbelakang timbulnya masalah, pendekatan penyelesaian masalah, tujuan, dan manfaat;

4.    Langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah, termasuk hambatan-hambatan yang harus diatasi yang dituangkan secara rinci, alat dan/atau instrumen yang digunakan, tempat dan waktu serta lembaga yang menunjang pelaksanaan; 

5.    Hasil yang dicapai; dan 
6.    Simpulan dan Saran. 
7.    Bagian Penutup berisi daftar pustaka dan lampiran-lampiran tentang semua data yang dipakai untuk menunjang tulisan ini.

    Demikian semoga bermanfaat, segala saran dan masukan silakan tulis pada kolom komentar dibawah.



Tidak ada komentar :

Posting Komentar