Setiap program pelatihan kegiatan akan bermanfaat jika jika program tersebut dilaksanakan. Namun sebelum pelaksanaan kegiatan kita harus membuat perencanaan sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan tujuan.
Dalam Diklat Guru Pembelajar pada akhir kegiatan, kita akan membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL)
Berikut contoh RTL untuk bahan referensi Bapak dan Ibu peserta Guru Pembelajar :
Selain Rencana Tindak Lanjut peserta juga diwajibkan membuat best practice.
Apa itu best practice?
Bagian Awal terdiri dari halaman judul,
lembaran persetujuan, kata
pengantar, daftar isi, abstrak atau ringkasan,
daftar tabel, daftar gambar,
dan daftar lampiran 1. (bila ada).
Dalam Diklat Guru Pembelajar pada akhir kegiatan, kita akan membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL)
Berikut contoh RTL untuk bahan referensi Bapak dan Ibu peserta Guru Pembelajar :
Rencana Tindak Lanjut |
Selain Rencana Tindak Lanjut peserta juga diwajibkan membuat best practice.
https://www.youtube.com/watch?v=t6rzf-_GXL4&t=6s |
Apa itu best practice?
Best practice adalah pengalaman terbaik mengenai keberhasilan seseorang atau kelompok dalam memecahkan masalah ketika melaksanakan tugas. Dalam diklat Guru Pembelajar best practice adalah “pengalaman terbaik” yang dilakukan dalam menyelesaikan setiap sesi dalam modul yang dipelajari.
Berikut adalah bentuk penulisan best practice yang
akan dipresentasikan padaTatap Muka 3 untuk moda TM IN-ON-IN 30:30 dan Tatap Muka 2 untuk moda
TM IN-ON-IN 20:40.
Penulisan
1. Penulisan Best
Practice disusun oleh Peserta Program
Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda TM IN-ON-IN
yang dipilih oleh
Instruktur
berdasarkan hasil penilaian terbaik, sesuai Modul yang dipelajari.
Setiap Instruktur memilih 4 (empat) orang peserta terbaik.
2. Best Practice
yang dikirim merupakan hasil kerja yang dilakukan saat mengikuti Diklat Guru Pembelajar
3. Naskah laporan Best practice maksimal 10 halaman (pendahuluan maksimal 2 halaman, best practice maksimal
5
halaman, rencana pengembangan maksimal 2 halaman, kesimpulan dan saran 1 halaman), diketik 1,5 spasi menggunakan huruf
Time New Roman ukuran 12 pt, batas tepi/margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 3 cm, dan bawah 3 cm.
4. Bahan presentasi dibuat menggunakan Powerpoint, masing-masing peserta terpilih diberi waktu untuk
presentasi dengan durasi 20
menit. Power point dan Semua lampiran harus dijilid menjadi satu kesatuan dengan laporannya (tidak disajikan secara terpisah).
5. Naskah laporan, bahan presentasi dan lampiran dijilid
dalam satu kesatuan menggunakan cover.
2. Bagian
Isi memuat:
3. Pendahuluan:
berisikan tentang latarbelakang timbulnya masalah, pendekatan penyelesaian masalah, tujuan, dan manfaat;
4. Langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah, termasuk hambatan-hambatan yang harus diatasi yang dituangkan secara rinci, alat dan/atau instrumen yang digunakan,
tempat dan waktu serta lembaga yang menunjang pelaksanaan;
5. Hasil
yang dicapai; dan
6. Simpulan dan Saran.
7. Bagian Penutup berisi daftar pustaka dan lampiran-lampiran tentang semua data yang dipakai untuk menunjang tulisan ini.
Artikel Penting lainnya :
Demikian semoga bermanfaat, segala saran dan masukan silakan tulis pada kolom komentar dibawah.
terimahkasih...saya sangat terbantu
BalasHapusalhamdullilah
Hapusterimahkasih...saya sangat terbantu
BalasHapusAlhamdullilah..
HapusAlhamdullilah, semoga manfaat...
BalasHapusterimakasih infonya
BalasHapusTerima kasih sangat bermanfat
BalasHapusAlhamdulillah,terimakasih sangat bermanfaat dan membantu saya
BalasHapusterima kasih semoga bermanfaat
HapusAlhamdulillah, terimaasih .
BalasHapusAlhamdulillah. Saya sudah dapat ilmu N banyak trims
BalasHapus