Selasa, 31 Desember 2019

FORMAT PENILAIAN K-13 PJOK



Penilaian adalah kegiatan yang dilakukan guru berkaitan dengan indikator pencapaian kompetensi setelah mengikuti  proses pembelajaran. Data yang diperoleh guru selama pembelajaran berlangsung , dikumpulkan  melalui prosedur dan alat penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dinilai. Dari proses ini diperoleh gambaran kemampuan peserta didik dalam mencapai  sejumlah kompetensi  dasar yang dirumuskan dalam kurikulum. Data tersebut diperlukan sebagai informasi yang digunakan dasar pengambilan keputusan.

Penilaian proses da hasil belajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan sesuai dengan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 ada berbagai macam. 

Memaknai berbagai tehnik yang tertuang dalam kebijakan tersebut guru dapat emilih beberapa cara yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, kompetensi yang akan dinilai, serta pertimbangan ainnya.
a.      Penilaiann Sikap
b.     Unjuk kerja
c.      Penilaian Pengetahuan

 Sebagai contoh Materi adalah : Tema Diriku, Sub Tema 1. Aku dan Teman Baru, pada pembelajaran 2.
  
     A.     Penilaain Sikap

1.      Bentuk Instrumen Penilaian

No.
Nama
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja sama
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
1.
Agus












2.
Budi












3.
Cintya












4.
Dita












Keterangan :    BS        = Baik Sekali
                        B           = Baik
                        C           = Cukup
                        PB         = Perlu Bimbingan

1. Instrumen Penilaian :

No.
Kriteria
Baik Sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2
Perlu Bimbingan
(1)
1
Percaya Diri

Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama pendek
Siswa mampu menyebutkan nama panjang
Siswa hanya mampu menyebutkan nama pangilan
Siswa malu—malu memperkenalkan diri
2
Disiplin

Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengrahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan satu kali arahan ulang
Siswa mampu melakukan perrmainan sesuai aturan tetapi dengan lebih dari satu kali arahan ulang
Siswa belum tertib melakukan permainan sesuai dengan aturan
3
Kerjasama
Siswa mampu bekerjasama dengan semua anggota kelompoknya
Siswa  mampu bekerjasama dengan sebagian anggota kelompoknya
Siswa  mampu bekerjasama dengan satu  anggota kelompoknya
Siswa tidak mau bekerja sama dengan  kelompoknya


2. Lembar Penilaian

No.
Nama
Percaya Diri
Disiplin
Bekerjasama
Jml

NA

BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB


1
Agus
4





2


3


9
75
2
Budi

3


4





2

9
75
3
Cinty

3




2



2

7
58
4
Dita
4



4



4



12
100
Dst
















Cara Penilaian :

(Jumlah skor perolehan x4) : Jumlah skor maksimal
          

                   Contoh :
                        Nilai Agus = 9 x4 = 2,68
                                              12
                        Jadi predikat Agus (2,68) = B-


Untuk rentang nilai 0 – 100, maka :
Jumlah skor perolehan   X 100
           Jumah  Skor maksimal



        B.     Penilaain Pengetahuan

1.     Instrumen Penilaian

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

a.      Siapa nama teman yang pertama kali menerima saputangan?
b.     Siapa nama teman yang memberikan saputangan kepadamu?


2.     Kunci Jawaban
a.      Kebijaksanaan guru sesuai kondisi kelas masing—masing.

3.     Pedoman Penilaian
a.      Setiap soal skor 5
b.     Jumlah soal 2 x skor  5 = 10
c.      Jumlah skor perolehan  x 100
Jumlah skor maksimal
d.     Contoh :
Sudadi hanya bisa menjawab 1 soal.
Nilai akhir = 5 x 100 =  50
                         10
e.      Konversi Nilai =  50 x 4 = 2
 100
f.      Predikat nilai 2 adalah C


C.     Penilaian Ketrampilan

1.     Rubrik Penilaian unjuk kerja permainan saputangan berpindah

No.
Kriteria
Baik Sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan
(1)
1
Kemampuan memperkenalkan diri
Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama pendek
Siswa mampu menyebutkan nama panjang
Siswa hanya mampu menyebutkan nama pangilan
Siswa belum mampu memperkenalkan diri
2
Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan
Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang
Siswa mampu meakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan satu kali arahan ulang
Siswa mampu melakukan perrmainan sesuai aturan tetapi dengan lebih dari satu kali arahan ulang
Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan
3
Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap
Siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat
Siiswa melempar dan menangkap bola tetapi satu sampai dua kali meleset
Siswa melempar dan menangkap bola tetapi lebih dari 3 kali meleset
Siswa belum mampu melempar dan menangkap bola


2.     Lembar Penilaian

No.
Nama
Percaya Diri Kemampuan memperkenalkan diri
Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan
Kemampuan melakuka gerakan memindahkan saputangan
JML
Skor

BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB


1
Agus


2


3



3


8

2
Budi














3
Cinty














4
Dita














Dst.
















1.     Intrumen Soal

a.      Berikan saputangan  kepada salah satu temanmu!
b.     Sebutkan namamu bila kamu mendapat saputangan dari temanmu!
c.      Sebutkan namamu setelah kamu memberikan saputangan!
d.     Lakukan lempar tangkap saputangan   bersama kelompokmu!    
2.     Pedoman Penilaian
Nilai Akhir  :

(Jumlah skor perolehan x 4): Jml skor maksimal
       

                   Contoh :
                        Nilai Agus = 8 x4 = 2,66
                                              12
                        Jadi predikat Agus (2,66) = B-

Untuk rentang nilai 0 – 100, maka :

(Jumlah skor perolehan  x 100) : jumlah skor maksimal


v Skor
KONVERSI NILAI PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN SIKAP

Predukat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3,66
3,66
B+
3,33
3,33
B
B
3
3
B-
2,66
2,66
C+
2,33
2,33
C
C
2
2
C-
1,66
1,66
D+
1,33
1,33
K
D
1
1


Artikel Penting Lainnya :



Kriteria disusun dan dibuat oleh guru disesuaikan dengan materi, kondisi peserta didik dan pertimbangan lainnya. Sehingga hasil yang dicapai adalah gambaran dari kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah mengikuti pembelajaran.

Kritik, saran, dan masukan silakan tulis dikooo  komentar yang tersedia dibawah.



1 komentar: