Penilaian adalah kegiatan yang dilakukan guru berkaitan dengan indikator pencapaian kompetensi setelah mengikuti proses pembelajaran. Data yang diperoleh guru selama pembelajaran berlangsung , dikumpulkan melalui prosedur dan alat penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dinilai. Dari proses ini diperoleh gambaran kemampuan peserta didik dalam mencapai sejumlah kompetensi dasar yang dirumuskan dalam kurikulum. Data tersebut diperlukan sebagai informasi yang digunakan dasar pengambilan keputusan.
Penilaian proses da hasil belajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan sesuai dengan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 ada berbagai macam.
Memaknai berbagai tehnik yang tertuang dalam kebijakan tersebut guru dapat emilih beberapa cara yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, kompetensi yang akan dinilai, serta pertimbangan ainnya.
a. Penilaiann Sikap
b. Unjuk kerja
c. Penilaian Pengetahuan
Sebagai contoh Materi adalah : Tema Diriku,
Sub Tema 1. Aku dan Teman Baru, pada pembelajaran 2.
A. Penilaain Sikap
1.
Bentuk Instrumen Penilaian
No.
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
||
1.
|
Agus
|
||||||||||||
2.
|
Budi
|
||||||||||||
3.
|
Cintya
|
||||||||||||
4.
|
Dita
|
Keterangan : BS = Baik Sekali
B = Baik
C = Cukup
PB = Perlu Bimbingan
1. Instrumen Penilaian :
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2
|
Perlu Bimbingan
(1)
|
1
|
Percaya
Diri
|
Siswa
mampu menyebutkan nama panjang dan nama pendek
|
Siswa
mampu menyebutkan nama panjang
|
Siswa
hanya mampu menyebutkan nama pangilan
|
Siswa
malu—malu memperkenalkan diri
|
2
|
Disiplin
|
Siswa
mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengrahan ulang
|
Siswa
mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan satu kali arahan ulang
|
Siswa
mampu melakukan perrmainan sesuai aturan tetapi dengan lebih dari satu kali
arahan ulang
|
Siswa
belum tertib melakukan permainan sesuai dengan aturan
|
3
|
Kerjasama
|
Siswa
mampu bekerjasama dengan semua anggota kelompoknya
|
Siswa mampu bekerjasama dengan sebagian anggota
kelompoknya
|
Siswa mampu bekerjasama dengan satu anggota kelompoknya
|
Siswa
tidak mau bekerja sama dengan
kelompoknya
|
2. Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
Jml
|
NA
|
||||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
|||||
1
|
Agus
|
4
|
2
|
3
|
9
|
75
|
||||||||||
2
|
Budi
|
3
|
4
|
2
|
9
|
75
|
||||||||||
3
|
Cinty
|
3
|
2
|
2
|
7
|
58
|
||||||||||
4
|
Dita
|
4
|
4
|
4
|
12
|
100
|
||||||||||
Dst
|
Cara
Penilaian :
(Jumlah skor perolehan x4) : Jumlah skor maksimal
Contoh :
Nilai Agus = 9 x4 = 2,68
12
Jadi
predikat Agus
(2,68) = B-
Untuk rentang nilai 0 –
100, maka :
Jumlah skor perolehan X 100
Jumah Skor maksimal
B. Penilaain Pengetahuan
1. Instrumen
Penilaian
Jawablah soal-soal di
bawah ini dengan jawaban yang tepat!
a. Siapa
nama teman yang pertama kali menerima saputangan?
b. Siapa
nama teman yang memberikan
saputangan kepadamu?
2. Kunci
Jawaban
a. Kebijaksanaan
guru sesuai kondisi kelas masing—masing.
3. Pedoman
Penilaian
a. Setiap
soal skor 5
b. Jumlah
soal 2 x skor 5 = 10
c. Jumlah
skor perolehan
x 100
Jumlah
skor maksimal
d. Contoh
:
Sudadi
hanya bisa menjawab 1 soal.
Nilai
akhir = 5 x 100 = 50
10
e. Konversi
Nilai = 50 x 4 = 2
100
f. Predikat
nilai 2 adalah C
C.
Penilaian
Ketrampilan
1. Rubrik
Penilaian unjuk kerja permainan saputangan
berpindah
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan
(1)
|
1
|
Kemampuan
memperkenalkan diri
|
Siswa
mampu menyebutkan nama panjang dan nama pendek
|
Siswa
mampu menyebutkan nama panjang
|
Siswa
hanya mampu menyebutkan nama pangilan
|
Siswa
belum mampu memperkenalkan diri
|
2
|
Kemampuan
menjalankan peraturan pada permainan
|
Siswa
mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang
|
Siswa
mampu meakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan satu kali arahan ulang
|
Siswa
mampu melakukan perrmainan sesuai aturan tetapi dengan lebih dari satu kali
arahan ulang
|
Siswa
belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan
|
3
|
Kemampuan
melakukan gerakan melempar dan menangkap
|
Siswa
mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat
|
Siiswa
melempar dan menangkap bola tetapi satu sampai dua kali meleset
|
Siswa
melempar dan menangkap bola tetapi lebih dari 3 kali meleset
|
Siswa
belum mampu melempar dan menangkap bola
|
2. Lembar
Penilaian
No.
|
Nama
|
Percaya
Diri Kemampuan memperkenalkan diri
|
Kemampuan
menjalankan peraturan pada permainan
|
Kemampuan
melakuka gerakan memindahkan
saputangan
|
JML
Skor
|
||||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
||||
1
|
Agus
|
2
|
3
|
3
|
8
|
||||||||||
2
|
Budi
|
||||||||||||||
3
|
Cinty
|
||||||||||||||
4
|
Dita
|
||||||||||||||
Dst.
|
1. Intrumen
Soal
a. Berikan saputangan kepada salah satu temanmu!
b. Sebutkan
namamu bila kamu mendapat saputangan
dari
temanmu!
c. Sebutkan
namamu setelah kamu memberikan
saputangan!
d. Lakukan
lempar tangkap saputangan bersama kelompokmu!
2. Pedoman
Penilaian
Nilai
Akhir :
(Jumlah
skor perolehan x 4): Jml skor maksimal
Contoh :
Nilai Agus = 8 x4 = 2,66
12
Jadi
predikat Agus
(2,66) = B-
Untuk rentang nilai 0 –
100, maka :
(Jumlah skor perolehan x 100) : jumlah skor maksimal
v Skor
KONVERSI
NILAI PENGETAHUAN, KETERAMPILAN, DAN SIKAP
Predukat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3,66
|
3,66
|
|
B+
|
3,33
|
3,33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2,66
|
2,66
|
|
C+
|
2,33
|
2,33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1,66
|
1,66
|
|
D+
|
1,33
|
1,33
|
K
|
D
|
1
|
1
|
Artikel Penting Lainnya :
Kriteria disusun dan dibuat oleh guru disesuaikan dengan materi, kondisi peserta didik dan pertimbangan lainnya. Sehingga hasil yang dicapai adalah gambaran dari kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah mengikuti pembelajaran.
Kritik, saran, dan masukan silakan tulis dikooo komentar yang tersedia dibawah.
trimakasih sudah membantu format penilaian
BalasHapus