expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 28 September 2016

CARA UNGGAH LK DALAM E-Portofolio



E-portofolio adalah sekumpulan berkas pribadi yang merupakan dokumentasi sebagai bukti pencapaian hasil atas proses kegiatan pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring. Dalam hal ini e-portofolio merupakan kumpulan dokumen peserta Guru Pembelajar Moda Daring yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan proses belajar sesuai dengan target kompetensi yang telah ditetapkan. Dokumen yang terkumpul kemudian diberi komentar oleh pengampu dan dilakukan proses perbaikan (jika diperlukan), sehingga pada akhirnya dapat digunakan sebagai refleksi pribadi.

E-portofolio dapat berbentuk latihan dan tugas yang dikerjakan, jawaban atas pertanyaan dalam sistem, catatan hasil koreksi atau observasi pengampu, laporan kegiatan dan tulisan atau jurnal yang dibuat Guru Pembelajar.

Di akhir pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring, peserta diharapkan mencapai kompetensi yang dibuktikan dengan memenuhi beberapa tagihan yang dipersyaratkan dalam bentuk Lembar Kerja (LK) dan Latihan yang diunggah ke dalam e-portofolio. 

L.K. dapat diunduh melalui link yang ada pada masing-masing sesi atau pada ling Kumpulan LK yang berada di  bawah dari keseluruhan sesi dan akan terbuka setelah sesuai sesi telah kita lalui atau tercentang. LK atau berkas unduhan biasanya tersimpan pada folder download di komputer kita.

Sudahkan Bapak/Ibu mencobanya?
Berikut langkah-langkahnya : 
1. Buka tautan e-Portofolio yang berada di bagian awal sesi sebelum sesi Pendahuluan.
Tombol e-Portofolio

2. Selanjutnya akan muncul halaman petunjuk bagi peserta untuk mengungah LK.

3. Klik Start Contributing. Akan terbuka petunjuk mengunggah tagihan

Petunjuk mengunggah file


4. Add Contribution
Petunjuk cara mengunggah Tagihan/LK
5. Tuliskan judul taguhan pada 'Title" dan tambahkan jawaban atau penjelasan singkat terkait tagihan pada bagian "Content"
6. Lanjutkan dengan mengungah berkas pada bagian  :"Attachment"  dengan cara drag and drop, (yaitu dengan membuka file kemudian memindahkannya pada tempat yang diinginkan)
7. Apabila file berkas berhasil diunggah, pilih tab  Update Contribution untuk mengirimnya..





8. Jika tidak menggunakan cara diatas bisa dengan klik ikon berkas (add), akan terbuka tampilan pilih file.
     klik telusuri, kita cari file tersimpan di komputer >>> pilih >>>Save As kita beri nama tagihan                   >>>>selanjutnya klik Upload this file >>>> Update Contribution.



9. Proses pengiriman berkas selesai dan selanjutnya menunggu tanggapan dari pengampu.
 Demikian sedikit mengenai langkah-langkah dalam mengirimkan berkas tagihan ata Lembar Kerja, semoga dapat membantu.






2 komentar :

  1. Saya sudah mengerjakan berkas tagihan/LK, tetapi kenapa apa pada blog refleksi dan E portofolio tidak tercentang secara otomatis,mohon diberikan solusinya

    portal:// teraspendidik.blogspot.com

    BalasHapus