PROGRAM
GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA DI SMA SANTA MARIA TAHUN 2016 MENUMBUHKAN
SEMANGAT GURU SENANTIASA BELAJAR UNTUK MENIGKATKAN KOMPETENSI DIRI
Oleh:
SUDADI
, S.Pd.
SEKOLAH
DASAR NEGERI 1 UKIR
KECAMATAN
SALE KABUPATEN REMBANG
2016
PEMERINTAH KABUPATEN REMBANG
UPT DINAS
PENDIDIKAN
KECAMATAN SALE
SD NEGERI 1 UKIR
Alamat :
Desa Ukir,
Kecamatan Sale Kab. Rembang 59265
SURAT KETERANGAN
No. 422.1/ /2016
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : ABDULLAH SYUKURI,S.Pd
NIP :
19670501 198702 1 002
Gol.Ruang : IV a
Jabatan : Kepala SD Negeri 1 Ukir Kecamatan Sale
Dengan ini menerangkan bahwa:
Nama :
SUDADI,S.Pd
NIP :
19710208 200212 1 004
Jabatan : Guru SD Negeri 1 Ukir Kecamatan Sale
Telah
melaksanakan Kegiatan Guru Pembelajar Moda Tatap Muka dan membuat best practice
dengan Judul Program Guru Pembelajar Moda
Tatap Muka Di SMA Santa Maria Rembang Tahun 2016 Menumbuhkan Semangat Guru
Senantiasa Belajar Untuk Menigkatkan Kompetensi Diri
Demikian
surat keterangan ini dibuat, untuk digunakan sebagai mestinya.
Ukir, 14
November 2016
Kepala Sekolah
ABDULLAH SYUKUR, S.Pd
NIP. 19620227 198405 1 003
|
KATA PENGANTAR
Puji
syukur alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberi
petunjuk, membimbing, memberi rahmat kepada kami sehingga dapat menyusun best practice ini yang merupakan bukti
fisik adanya keikutsertaan dalam kegiatan peningkatan Mutu Kompetensi Guru
melalui program Guru Pembelajar sebagai mentor
Best Practice ini dilakukan dalam
rangka ikut berperan serta dalam usaha meningkatkan kompetensi diri
melalui,program guru pembelajar..
Kelancaran dan keberhasilan dalam pembuatan
best practice ini berkat adanya dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu
disampaikan terima kasih kepada :
1. Kepala Sekolah SD Negeri 1 Ukir yang telah membantu dan memberi arahan dalam
kegiatan penyusunan laporan ini.
2. Segenap
Guru dan Pegawai SD Negeri 1 Ukir yang telah terlibat secara langsung dalam pembuatan
laporan ini.
3. Kepala
UPT Dinas Pendidikan
Kecamatan Sale
yang telah memberi petunjuk, saran dan nasihat dalam penyusunan best practice ini.
Kritik
dan saran yang bersifat inovatif sangat kami harapkan demi peningkatan
pengetahuan kami.
Sale, November 2016
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL.................................................................. ................................i
LEMBAR
PERSETUJUAN....................................................................................... ii
KATA PENGANTAR ......................................................................................... ......iii
DAFTAR
ISI ............................................................................................................. iv
ABSTRAK.................................................................................................................. v
DAFTAR
TABEL....................................................................................................... vi
DAFTAR
GAMBAR................................................................................................. vii
PENDAHULUAN........................................................................................................ 1
1.
Latar
Belakang Masalah.................................................................................. 1
2.
Pendekatan
Penyelesaian Masalah................................................................... 2
3.
Tujuan.............................................................................................................. 2
4.
Manfaat............................................................................................................ 3
A. LANGKAH-LANGKAH
PENYELESAIAN MASALAH..................... ............3
B. INDIKATOR
KEBERHASILAN....................................................................... 6
a. Instrumen
Keberhasilan................................................. ............................6
b. Nilai
Akhir Peserta .................................................. .................................7
c. Predikat
Nilai............................................................................................ 8
d. Waktu
dan Tempat.................................................................................... 8
e. Struktur
Program..................................................................................... 8
C. HASIL
YANG DICAPAI........................................................................................ 9
- SIMPULAN DAN SARAN......................................................................... 10
a.
Simpulan.............................................................................................. 10
b.
Saran.................................................................................................... 10
- DAFTAR PUSTAKA................................................................................... 11
- LAMPIRAN................................................................................................. 12
ABSTRAK
SUDADI,
S.Pd.2016. “Program Guru Pembelajar Moda Tatap Muka Di SMA Santa Maria Rembang Tahun 2016 Menumbuhkan
Semangat Guru Senantiasa Belajar Untuk Menigkatkan Kompetensi Diri
”
. Best Practice
Kata
Kunci: : Guru Pembelajar, Andragogi
Guru sebagai insan pendidik sekaligus
fasilitor bagi peserta didik harus mengusasi kompetensinya sebagai guru.
Melalui Uji Kompetensi Guru yang
dilaksanakan tahun 2015 dapat diketahui kondisi objektif guru saat ini dan
kebutuhan peningkatan kompetensinya.
Best
Practice ini merupakan rangkuman kegiatan Guru Pembelajar moda tatap muka pola in-on-in
pola 30:30. Kegiatan yang dilaksanakan di SMA Santa Maria Rembang ini
melibatkan 40 peserta guru pembelajar. Pendekatan pembelajaran yang digunakan
adalah pendekatan andragogi. Andragogie memberi kesempatan yang seluas-luasnya
kepada peserta untuk berpendapat dan berperan aktif dalam mengkaji modul dan
pemecahan masalah yang ada dalam Lembar Kerja (LK).
Kegiatan peningkatan kompetensi guru
melalui program guru pembelajar moda tatap muka memberikan semangat baru bagi
peserta untuk terus belajar. Dari penilaian sikap selama proses pembelajaran
didapatkan bahwa 75% mendaparkan kategori sangat baik, 25% lainnya dalam kategori
baik. Sedangkan untuk keterampilan peserta 95% sangat baik dan 5% lainnya baik.
Adalah sebuah indikator yang menggembirakan, semoga dalam menempuh uji kompetensi
nantinya bisa mendapatkan nilai kelulusan sesuai dengan yang diharapkan.
DAFTAR TABEL
Tabel 1.1 : Data Peserta UKG 2015 .................................................................... 1
Tabel `1.2
: Predikat Nilai..................................................................................... 8
Tabel 1.3 : Hasil Struktur Program........................................................................ 8
Tabel
1.4 : Hasil Penilaian Sikap........................................................................... 9
Tabel 1.5 : Hasil Penilaian Keterampilan.............................................................. 9
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 1.1 : Hasil
Penilaian Sikap dan Keterampilan....................................... 9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar