Sabtu, 14 Desember 2019

Cara Pengisian Raport SD Kurikulum 2013

Ada banyak aplikasi raport yang digunakan untuk mempermudah dalam pembuatan laporan hasil Belajar Siswa. Sekedar berbagi jika rekan-rekan menggunakan aplikasi yang kebetulan sama dengan saya mari kita belajar bersama. Aplikasi dari Bapak Drs. Sri Awasono Widodo Versi 2019.

Langkah-langkahnya adalah :



  1.     Buka aplikasi pada sheet admin  dan sesuaikan dengan kelas kita.
    Pada sheet menu disajikan tombol cepat yang bisa digunakan untuk memilih bagian  yang akan kita kerjakan lebih dahulu.
  2. Setelan; digyunakan untuk memilih kelas, memilih bobot nilai harian, Prenilaian Tengah Semester, dan bobot Penilaian Akhir semester juga untuk menentukan KKM kelas
  3. Identitas Sekolah; Isikan Nama sekolah dan jangan lupa pasword dan konfirmasi pasword dengan nomor yang sama. Nama sekolah tidak boleh disingkat atau dibuat nama panjangnya.
  4. Identitas Siswa; Diisikan data klengkap sesuai dengan kondisi siswa
  5. Jurnal; cukup mengisi nomor absen siswa, karena nama siswa akan muncul dengan sendirinya
  6. Tema; Disesuaikan dengan tema dan subtema. Jangan lupa menuliskan nomor KD dan jenis penilaian yang digunakan.
  7. Mulok Eks DSB; untuk mengecek mata pelajaran Mulok  dan jika ada nilai yang tidak keluar pada akhir untuk dicetak
  8. PA; sama dengan Mulok EKS DSB hanya yang ini hanya untuk Mapel Pendidikan Agama.
  9. Nilai Sikap, Silai Pengetahian, dan Nilai Ketermapilan akan muncul dengan sendirinya.
  10. Menambahkan mapel non tematik langkahnya sama. Memasukkan nama sekolah pasword dan nama siswa, Pastikan nama sekolah dan paswornya sama pada setiap mata pelajaran.
  11. Pengisian nilai PTS dan PAS pada sheet NA PENGET dan diisikan dengan ketik pada kolom yang tersedia sesua dengan KD.


   Permasalahan yang sering ditemukan adalah identitas nilai rapor nama sekolah dan data siswa datanya tidak keluar. Jika hal ini terjadi silakan periksa lagi nama sekolah dan kombinasi pasword yang kita masukkan.





     Kemudian jika ditemui nilai mapel tidak keluar pada Raport, ada beberapa hal yang perlu dicermati :
a    a. Untuk Mapel Pendidikan Agama  dipilih dulu jenis agama, kemudian nilai bisa dibuka pada sheet          PA, disana nilai, predikat, dan deskripsinya sudah ada atau belum.
      b. Untuk MULOK  bida dilihat melalui sheet MULOK EKS DSB, cari Mulok dan lihat nilainya              sudah keluar atau belum.
      c. Demikian juga untuk mapel non tematik.




          Untuk mata pelajaran yang tidak keluar nilai pada raport pengecekan pada sheet NILAI PENGET atau NILAI KETR. dilihat nilai mana yang tidak keluar.



       Jika ada nilai tidak keluar pada rapor, kita cari jenis mata Pelajaran, kemudian tuliskan rumus sesuai dengan petunjuk yang ada, dan dikopikan dengan sel dibawahnya.



         Demikian hingga semua mata pelajaran terisi nilai, predikat beserta deskripnya dengan lengkap     .
     
         Informasi ini sangat minim dan untuk melengkapi silakan masukkan komentar dibawah pada kolom  yang tersedia dan teroma kasih atas partisipasinya, semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar