Sabtu, 07 November 2020

Tes Bakat Skolastik Guru Penggerak

 


Salah satu tahapan yang harus dilalui oleh calon Guru Penggerak adalah Tes Bakat Skolastik. Sebagai gambaran tentang tes Bakat skolastik tersebut kami sajikan dalam berbagai bentuk pertanyaaan disertai dengan jawaban. Berikut diantaranya :

1. Apa yang di maksud dengan tes Bakat Skolastik?

Tes Bakat Skolastik (TBS) merupakan alat tes yang digunakan untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

2. Berapa Jumlah soal Tes Bakat Skolastik?

Tes Bakat Skolastik terdiri dari

  • Subtes Verbal : 30 soal
  • Subtes Kuantitatif : 20 soal
  • Subtes Penalaran : 21 soal
3. Berapa lama durasi yang diberikan untuk tes Bakat Skolastik?

Total durasi pelaksanaan TBS adalah 85 menit dengan alokasi pengerjaan soal tes
  • Subtes Verbal : 20 menit
  • Subtes Kuantitatif : 40 menit
  • Subtes Penalaran : 25 menit


4. Bagaimana jika saya melaksanakan Tes Bakat Skolastik kemudian jaringan terputus atau listrik mati?
  • Jika jaringan internet atau listrik Anda dapat digunakan kembali pada waktu TBS, Anda masih bisa melanjutkan pengerjaan TBS dengan waktu yang tersisa.
  • Jika jaringan internet atau listrik Anda dapat digunakan kembali saat pelaksanaan TBS telah selesai. Anda akan diberikan kesempatan untuk mengulangi Tes Bakat Skolastik.
  • Informasi akan disampaikan melalui laman dasboard peserta https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ dan akun SIM PKB masing-masing.
5. Apakah saya diberi kesempatan untuk uji coba Tes Bakat Skolastik dan apakah bolek melaksanakan lebih dari satu kali?

Peserta yang hendak melaksanakan TBS akan diberi kesempatan untuk melakukan Uji Coba Tes Bakat Skolastik. Peserta TBS bisa melakukan uji coba lebih dari satu kali. Uji coba kedua dan selanjutnya dapat dilaksanakan dengan jeda waktu 60 menit dari uji coba pertama/ uji coba sebelumnya.

Informasi uji coba TBS akan disampaikan melalui laman dasboard peserta https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/d dan akun SIM PKB masing-masing


6. Saat Tes Bakat Skolastik (TBS), saya memiliki kondisi/situasi sehingga saya tidak bisa mengikuti TBS sesuai jadwal yang ditetapkan, apakah saya masih bisa mengikuti TBS?

Jika peserta memiliki kondisi atau situasi berikut
  • Sakit
  • Keluarga meninggal
  • Kecelakaan
  • Pernikahan keluarga inti
  • Bencana alam
  • Peserta masih diberikan kesempatan untuk mengikuti TBS selanjutnya. Anda diberi kesempatan untuk mengulangi Tes Bakat Skolastik.
Informasi akan disampaikan melalui laman dasboard peserta https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ dan akun SIM PKB masing-masing.

7. Bagaimana jika saya terlambat mengikuti TBS sesuai dengan jadwal yang ditetapkan?

Peserta diharapkan mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti pelaksanaan TBS sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan.

Peserta masih bisa diberikan kesempatan untuk mengikuti TBS jika pelaksanaan TBS masih pada proses pengerjaan soal Verbal. Jika sudah melebihi proses waktu pengerjaan soal Verbal (lebih dari 15 menit), maka Peserta tidak diperkenankan untuk mengikuti TBS atau dengan kata lain Peserta hanya diberikan toleransi keterlambatan 15 menit.

NO.

Waktu

Batas Keterlambatan

Konsekwensi

1

08.30 WIB

Maksimal 15 menit

Peserta hanya memiliki waktu 10 menit untuk membaca petunjuk umum dan khusus serta mengerjakan subtes verbal

2

09.30 WIB

Maksimal 15 menit

3

10.30 WIB

Maksimal 15 menit


8. Bagaimana jika saya tidak menyelesaikan soal TBS pada masing-masing subtes karena durasi waktu habis, apakah jawaban saya akan tersimpan secara otomatis?

Jawaban yang Anda kerjakan pada setiap subtes, baik yang selesai maupun yang tidak selesai akan tersimpan secara otomatis di dalam sistem. Jawaban Anda akan tetap dinilai oleh sistem

9. Bagaimana jika saya tidak ikut TBS ulang?

Nilai TBS pertama akan diambil sebagai nilai final TBS

10. Jika saya telah menyelesaikan soal TBS, namun saya ingin ikut TBS ulang , bagaimana status nilai saya karena saya ikut TBS dua kali?

Nilai TBS akan diambil dari nilai terbaik diantara dua nilai TBS

11. Saat saya mengerjakan TBS, saaya mengalami kendala tehnis seperti jaringan mati/tidak stabil, listrik mati, dan sebagainya, apakah saya masih diberi kesempatan mengikuti TBS ulang?

Peserta diharapkan memastikan jaringan internet dalam kondisi baik dan hadir 15 menit sebelum tes dimulai. Peserta yang terlambat lebih dari 20 menit tidak dapat mengikuti TBS karena tes akan dilakukan secara serentak. Semua jawaban yang Bapak/Ibu kerjakan, baik jawaban yang sudah selesai maupun jawaban belum selesai sudah terekam dalam sistem

Kami sampaikan kepada Bapak/Ibu yang ingin mengulang TBS karena mengalami kendala teknis saat pelaksanaan, kami berikan kesempatan untuk mengikuti TBS Susulan.

Pengumuman hasil tahap 1 ( Curriculum Vitae , Esai, dan TBS ) akan disampaikan lebih lanjut melalui laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/ dan akun SIM-PKB masing-masing.

12. Bagaimana saat saya mengerjakan TBS, saya mengalami kendala tehnis?

Bapak/Ibu bisa memeriksa jaringan internet dan me-refresh laman TBS yang sedang dibuka.

Baca Juga 

2 komentar:

  1. Ijin bertanya pak,ini ada uji coba TBS dari 8-9 April,tapi setelah masuk kok disuruh input user name dan password ya?itu diisi apa?karena diisi username dan password simpkb tetap ga bisa? makasih

    BalasHapus
  2. Ijin bertanya pak, sy di jadwalkan yes tanggal 18 kemarin tp karena lagi sakit sy tidak ikut. Apa sy bisa tes di hari yang berbeda atau bagaimana? Tolong solisinya.

    BalasHapus