Seputar pertanyaan mengenai kriteria menjadi guru penggerak kami sajikan sebagai berikut :
1. Apa kriteria untuk Menjadi Guru Penggerak?
Guru yang boleh mengikuti program
pendidikan guru penggerak memiliki
a.Kriteria umum
- Guru jenjang TK, SD, dan SMP, SMA
- Guru PNS maupun Non PNS baik dari sekolah negeri
maupun sekolah swasta
- Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan
(Dapodik)
- Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4
- Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun
- Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10
tahun
- Memiliki keinginan kuat menjadi Guru Penggerak
- Tidak sedang mengikuti kegiatan diklat CPNS, PPG,
atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses
rekrutmen dan pendidikan guru penggerak.
b.Kriteria seleksi
- Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid
- Memiliki kemampuan untuk fokus pada tujuan
- Memiliki kompetensi menggerakkan orang lain dan
kelompok
- Memiliki daya juang (resilience) yang
tinggi
- Memiliki kompetensi kepemimpinan dan bertindak
mandiri
- Memiliki kemampuan untuk belajar hal baru, terbuka
pada umpan balik, dan terus memperbaiki diri.
- Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan efektif
dan memiliki pengalaman mengembangkan orang lain
- Memiliki kedewasaan emosi dan berperilaku sesuai
kode etik
Calon guru penggerak diharapkan sudah memiliki pengalaman mengajar dan telah menerapkan pembelajaran aktif yang berorientasi pada murid. Sedangkan sisa masa kerja 10 tahun untuk memastikan bahwa guru penggerak memiliki waktu yang cukup untuk mengimplementasikan kemampuan yang didapatkan pada Program Pendidikan Guru Penggerak serta dapat menjalankan peran sebagai Guru Penggerak di sekolah maupun di wilayahnya.
3. Kapan tahapan selesksi untuk bisa mendaftar menjadi guru penggerak angkatan 2?
Lini masa dan tahapan seleksi Program Pendidikan Guru Penggerak
No |
Kegiatan |
Waktu |
1 |
Informasi rekrutmen calon peserta program pendidikan guru penggerak |
9 Oktober – 31 November 2020 |
2 |
Pendaftaran calon peserta PGP melalui laman
sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id /gurupenggerak |
13 Oktober – 7 November 2020 |
3 |
Verifikasi dan Validasi data pendaftaran |
1 – 14 November 2020 |
4 |
Seleksi tahap 1 : Tes Bakat Skolastik |
20 – 23 November 2020 |
5 |
Pengumuman hasil seleksi tahap 1 dan penjadwalan seleksi tahap 2 |
24 Desember 2020 |
6 |
Penjadwalan seleksi tahap 2 |
12-16 Oktober 2020 |
7 |
Seleksi tahap 2 : Simulasi Mengajar dan Wawancara |
13 Januari – 11 Maret 2021 |
8 |
Pengumuman calon guru penggerak |
20 Maret 2021 |
9 |
Pendidikan Guru Penggerak |
2 April 2021 – 27 November 2021 |
4.Apa saja yang perlu disiapkan untuk mengikuti seleksi calon Guru Penggerak?
Para peserta seleksi harus memastikan hal-hal berikut sebelum mengikuti seleksi daring calon peserta program pendidikan guru penggerak:
- Membaca semua informasi yang ada pada laman sekolah penggerak kemdikbud.go.id/gurupenggerak/
- Mengunduh surat rekomendasi dan surat dukungan
- Dapat mengakses internet dengan kecepatan baik.
- Berusaha mempersiapkan sambungan internet cadangan.
- Dapat mengikuti seleksi daring dengan menggunakan laptop/komputer yang dilengkapi dengan fitur camera video. Telepon pintar (smartphone) tidak disarankan digunakan untuk proses seleksi daring.
- Jika diperlukan dapat menyiapkan peralatan yang memadai untuk melakukan konferensi video, seperti pelantang telinga (handsfree/headset).
- Registrasi: peserta seleksi akan mengisi daftar riwayat hidup sesuai dengan pertanyaan yang diberikan, mengunggah tiga dokumen pendukung (dalam format PDF): KTP, Surat dukungan dari Kepala Sekolah, dan Surat referensi/rekomendasi dari atasan/teman sejawat/komunitas/organisasi. Peserta memiliki waktu sampai pendaftaran ditutup (7 November) untuk menyelesaikan tahap ini terhitung setelah menekan tombol “Mulai Pengerjaan”. Peserta direkomendasikan untuk menyiapkan dokumen tersebut sebelum melakukan proses registrasi.
- Esai: peserta seleksi akan menjawab 5 (lima) paket pertanyaan esai dan masing-masing paket pertanyaan memiliki 3 - 4 pertanyaan tambahan. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan akan berkisar pada pengalaman hidup peserta. Peserta akan diberikan waktu sampai pendaftaran ditutup (7 November)untuk menyelesaikan semua pertanyaan terhitung mulai setelah menekan tombol “Mulai Pengerjaan”
- Tes Bakat Skolastik: peserta seleksi akan mengerjakan Tes Bakat Skolastik yang mencakup tes kemampuan verbal, kuantitatif, dan penalaran dalam waktu 85 menit. Pengerjaan tes ini akan terpisah dari tahapan pengerjaan butir a - c dan penjadwalan dalam mengerjakan tes ini akan diinformasikan melalui surel/e-mail peserta seleksi. Jadwal dan waktu pengerjaan tes tidak dapat diubah oleh peserta tes.
- Simulasi mengajar: peserta akan menerima sebuah instruksi melalui surel untuk mengajar sebuah materi sesuai jenjang yang diampu paling lambat dua hari sebelum jadwal seleksi Simulasi mengajar beserta tautan untuk konferensi video. Pada jadwal yang telah ditetapkan, peserta akan diundang oleh tim seleksi untuk melakukan simulasi mengajar selama 5 - 8 menit dengan menggunakan fasilitas konferensi video. Tidak akan ada murid yang dilibatkan dalam simulasi mengajar dan peserta akan mengajar seakan-akan memiliki beberapa murid. Tim seleksi tidak akan memberikan umpan balik setelah sesi simulasi mengajar
- Wawancara: peserta akan menerima jadwal undangan wawancara yang disertai tautan untuk konferensi video dengan tim seleksi. Wawancara akan berlangsung sebanyak dua kali dengan durasi satu jam untuk setiap sesi wawancara. Peserta diharapkan dapat menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar