Minggu, 05 Juli 2020

PELATIHAN GURU PENGGERAK

Guru Penggerak

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

A. Kerangka Desain Program Pendidikan Guru Penggerak

Pemimpin Pembelajaran
a. Pembelajaran Berdeferensiasi
b. Komunitas Praktik
c. Pembelajaran Sosial dan Emosi

Metode Pelatihan

Pelatihan Daring, Lokakarya, Konferensi, dan Pendampingan
a. Belajar di tempat kerja dan Komunitas Praktik meliputi                    pemberian umpan balik dari atasan, rekan, dan siswa (70%)
b. Belajar dari rekan dan guru lain (20%)
c. Pelatihan Formal (10%)

Asesmen
________________________________________
a. Hasil penugasan dan praktik peserta pelatihan
b. Umpan balik dari rekan sejawat, fasilitator, dan kepala sekolah
c. Peningkatan hasil belajar siswa

Prinsip Pelatihan

a. Andragogi
b. Pembelajaran Berbasis Pengalaman
c. Kolaboratif
d. Reflektif

Capaian Pembelajaran

Modul 1. Paradigma dan Visi Guru Penggerak

  1. Calon Guru Penggerak mampu memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi kritis atas hubungan nilai-nilai tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.
  2. Calon Guru Penggerak mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.
  3. Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan.

Modul 2.Pembelajaran Yang berpihak Pada Murid

Capaian Pembelajaran

  1. Calon Guru Penggerak dapat mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda.
  2. Calon Guru Penggerak mampu mengelola emosi dan mengembangkan keterampilan sosial yang menunjang pembelajaran.
  3. CGP mampu melakukan praktik komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan dasar seorang coach .
  4. Calon Guru Penggerak mampu menerapkan praktik coaching sebagai pemimpin pembelajaran.

Modul 3. Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah

Capaian Pembelajaran

  1. Calon Guru Penggerak mampu melakukan praktik pengambilan keputusan yang berdasarkan prinsip pemimpin pembelajaran.
  2. Calon Guru Penggerak mampu melakukan strategi pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, waktu, dan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada murid.
  3. Calon Guru Penggerak mampu merencanakan, mengorganisasikan, dan mengarahkan program perbaikan dan perubahan sekolah, serta memantaunya agar berjalan sesuai rencana dan mengarah pada tujuan.
  4. Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan kegiatan berkala yang memfasilitasi komunikasi murid, orangtua dan guru serta menyediakan peran bagi orangtua terlibat dalam proses belajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran.

Modul 4.Selebrasi, Refleksi, Kolaborasi, dan Aksi
Capaian Pembelajaran

  1. CGP merefleksikan perannya sebagai GP dan strategi yang telah dijalankan sebagai guru penggerak.
  2. CGP berbagi praktik baik dengan rekan sejawat.
  3. CGP membuat rencana tindak lanjut dan kolaborasi dengan rekan sejawat.
  4. Calon guru penggerak membuat rencana tindak lanjut dan berkolaborasi dengan rekan sejawat.

Mari Berperan dalam Kemajuan
Pendidikan Indonesia Melalui Program Guru Penggerak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar