BAB III
HASIL KEGIATAN
Hasil belajar gerak dasar lempar tangkap danmemukulbola yang dinilai
terdiri dari 3 aspek yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor.
Dari hasil
analisis tes formatif pada pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan prestasi
belajar siswa. Ketuntasan belajar sudah mencapai 94,12% atau
diantara 17 siswa hanya 1 siswa saja yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM),
sedangkan rata-rata nilat sudah mencapai 81
- Hasil Tes Formatif Kemampuan Siswa
Sacara lengkap hasil analisis tes formatif dapat
dilihat pada tabel 1.1
Tabel 1.1
Hasil Analisis Tes Formatif
Jumlah
Siswa
|
Banyak
Siswa Yang Mendapat Nilai
|
Rata - Rata
|
Ketuntasan
|
%
|
||||||||||
10
|
20
|
30
|
40
|
50
|
60
|
70
|
80
|
90
|
100
|
T
|
BT
|
|||
17
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6
|
11
|
-
|
-
|
81
|
16
|
1
|
94,12%
|
Dalam diagram dapat dilihat pada gambar 2.1
Gambar 2.1
DIAGRAM PENCAPAIAN TARGET HASIL BELAJAR SISWA
a.
Hasil Observasi keaktifan Siswa Siswa
Tabel 1.2
No
|
Nama siswa
|
Aspek
|
Jumlah Nilai
|
Prosentasi
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
||||
1.
|
ABDUL SOMAD
|
4
|
4
|
4
|
4
|
16
|
98%
|
2.
|
ANGGA
|
4
|
3
|
4
|
3
|
14
|
90%
|
3.
|
RIFKI
|
3
|
4
|
3
|
4
|
14
|
90%
|
4
|
FEBRIANTO
|
4
|
3
|
4
|
4
|
15
|
92%
|
5
|
IQBAL NUR H.
|
4
|
4
|
3
|
4
|
14
|
90%
|
6
|
A. ROFIUL HADI
|
3
|
3
|
4
|
3
|
14
|
85%
|
7
|
SAHAL MAHBUD
|
4
|
4
|
3
|
3
|
15
|
92%
|
8
|
AJENG NUR AINI
|
3
|
3
|
4
|
4
|
14
|
88%
|
9
|
RIKO
|
3
|
4
|
4
|
4
|
14
|
90%
|
10
|
ADI DWI ARENDR
|
4
|
3
|
4
|
4
|
15
|
92%
|
11
|
ALFIAN SETIA B
|
4
|
4
|
4
|
3
|
15
|
94%
|
12
|
ANITA PUSPITA S.
|
3
|
3
|
4
|
4
|
14
|
88%
|
13
|
ARYA VALENTINO
|
3
|
4
|
3
|
4
|
14
|
88%
|
14
|
DEDI KHOIRUDIN
|
4
|
3
|
4
|
4
|
14
|
90%
|
14
|
DIAN ASTUTIK
|
4
|
4
|
3
|
3
|
14
|
90%
|
16
|
EKA AINUN R.
|
4
|
3
|
4
|
3
|
15
|
92%
|
17
|
FAHRI KHOIRUL R
|
3
|
3
|
4
|
4
|
14
|
85%
|
Rata-rata(%)
|
Kategori (Baik)
|
78%
|
Aspek yang diamati meliputi :
|
A. Perhatian
terhadap penjelasan guru
|
B.
Bekerjasama dan menghargai lawan
|
C.
Keberanian siswa untuk berpartisipasi saat demonstrasi.
|
D.
Kejujuran dan kedisiplinan
|
Hasil
belajar siswa, dapat dilihat pada gambar
di bawah ini
Gambar 2.2
Hasil Belajar
Berdasarkan
hasil pengamatan dan refleksi ditemukan beberapa hal yang perlu perbaikan. Pada
pembelajaran dengan modifikasi
bola kasti dengan menggunakan bola tenes bekas terjadi peningkatan peningkatan,
keaktifan, dan hasil belajar siswa
Adapun perbandingan hasil yang diperoleh pada aspek kreativitas belajar permainan bola kasti adalah sebagai berikut.
Pada hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Penjasorkes materi permainan bola kasti mengalami peningkatan
yang signifikan . Berikut ini dapat dilihat pada diagram dibawah ini.
Dengan penggunaan media bola
tenes bekas terbukti dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar,
keaktifan siswa dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar Penjasorkes dapat ditingkatkan.
BAB IV
SIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. Simpulan
Dari pelaksanaan
pembelajaran yang penulis lakukan selama
pembelajaran dapat ditarik simpulan sebagai berikut :
1. Dengan penerapan modifikasi
bola tenis bekas dapat mengaktifkan siswa dalam proses belajar
mengajar. Siswa yang awalnya pasif dalam pembelajaran menjadi aktif karena
dengan pendekatan modofikasi
bola tenis bekas siswa mendapatkan ruang yang lebih luas untuk belajar karena tidak ada lagi rasa takut
apabila terkena bola.
2. Pembelajaran menjadi bermakna, karena siswa memiliki kesempatan untuk
berbuat, sehingga akan lebih membekas dalam benak peserta didik.
3. Dengan penerapan pendekatan modofiksi bola tenis bekas dapat meningkatkan hasil ketuntasan
belajar siswa, karena dengan pendekatan tersebut siswa dapat lebih mudah menerima
materi yang diajarkan. Hal ini terlihat dari hasil ketuntasan belajar pada
pembelajaran awal 64,71% pada pembelajaran aweal
dan meningkat lagi menjadi 94,12 % pada pembelajaran dengan modifikasi bola tenes
B.
Saran
Dari simpulan diatas ada beberapa
hal yang perlu diperhatikan guru dalam pembelajara agar ketuntasan belajar
siswa semakin meningkat.
- Siswa
harus diberi kesempatan untuk ikut serta/ aktif dalam pembelajaran misalnya
untuk bertanya dan menjawab.
- Siswa
hendaknya diberi ruang yang cukup untuk mengeksplorasi kemampuannya secara
kreatif dan inovatif.
- Gunakanlah
pendekatan modifikasi
bola tenis bekas jika
ingin agar pembelajaran
bola kasti lebih bermakna dan diingat siswa seumur
hidup.
- Biasakan
melakukan perbaikan pembelajaran apabila ketuntasan belajar yang diperoleh
belum maksimal.
DAFTAR PUSTAKA
Suharno HP. (1993). Metodologi
Pelatihan. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta
M. Furqon H. (2008). Mendidik
Anak dengan Bermain (Buku Pegangan Guru Penjas di Sekolah Dasar). Surakarta
: Universitas Sebalas Maret
Sarjono, 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Penggunan Media
Modifikasi Bola Tenis Bekas. Klaten
Klik disini |
IJIN COPAS UNTUK KEPERLUAN TUGAS..
BalasHapusTERIMA KASIH..
izin pak ambil materi keperluan guru pjok, semoga rejeki lanjar ya pak
BalasHapus