expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 26 September 2016

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN MODA DARING (2)

Pada bagian terdahulu Langkah-langkah Pembelajaran Moda Daring telah kita pelajari bagian awal dari pembelajaran. Dan untuk selanjutnya memasuki Sesi Pembelajaran.

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah dengan klik Buka Semua Sesi maka akan terbuka beberapa bagian di tiap sesi. Di bawah sesi ada beberapa bagian sesi yang bisa dibuka dengan cara di klik. kemudian ada kotak kecil di sebelah kanannya.

Klik bagian sesi tersebut satu persatu secara berurutan dari awal (perlu diketahui adalah tidak boleh ada satupun yang diloncati, karena jika ini terjadi kotak sebelah kanan yang nantinya akan tercentang tidak akan m uncul). Pahami materi yang ada dibagian sesi tersebut (gabian sesi kadang terdiri dari beberapa halaman, pahami seluruhnya ). Jika abpak/ibu sudah membuka dan mempelajari semua bagian sesi, maka otomatis kotak uuang kecil tersebut akan tercentang. Hal ini berarti bahwa kita telah mempelajari bagian-bagian tersebut.


Sesi Pendahuluan

1. Bagian Awal adalah Sesi Pendahuluan.
Sesi Pendahuluan ini harus diselesaikan dalam minggu pertama. Berisi antara lain:
  a. Kebijakan Pengembangan dan Pembinaan Profesi Guru dan Guru Pembelajar.
  b. Penjelasan Umum Kegiatan Guru Pembelajar Daring.
  c. Saran dan Cara Penggunaan Guru Pembelajaran Daring
  d. Alur Kegiatan Pembelajaran Daring
Materi Sesi

2. Sesi Pembelajaran
   Terdiri sesi 1 - 4, adalah materi pembelajaran.
   Biasanya terdiri dari : 
   a. Pengantar Sesi
       Berisi penjelasan mengenai alur kegiatyan yang kita lakukan pada sesi tersebut.
Alur Kegiatan Sesi
   b. Kegiatan 
     Kegiatan masing-masing sesi tidak sama, tergantung cakupan materi.
Kegiatan Sesi


   c. Forum Sesi
   Dalam forum kita harus membuat satu pertanyaan atau permasalahan yang harus kita sampaikan, da     dan untuk selanjutnya harus menanggapi  atau merespon dari pertanyaan/permasalahan yang disampaikan oleh rekan sebanyak 2 orang. Jika langkah ini kita lakukan maka kotak centang akan terisi.

3. Bahan Rujukan
Berisi bahan bacaan yang berhubugan dengan materi, berupa file pdf yang bisa kita unduh untyuk dipelajari secara offline.
Bahan Rujukan

4.Kumpulan Lembar Kerja
Lembar Kerja wajib kita isi, didahului dengan mengunduh LK tersebut, unduhan biasanya terdapat pada folder download pada komputer, dikerjakan secara offline, kemudian nama file kita ubah menjadi LK (spasi) nama peserta. Misalnya LK 1.1 Bolang Sujarwo. Untuk mempermudah pengelolaan sebaiknya LK disimpan pada folder tertentu, sehingga memudahkan untuk mencarinya.
Cara mengirim LK pada e-portofolio



Jika LK sudah kita kerjakan kemudian kita kirim dengan meng-upload die.portofolio. E-portofolio merupakan kumpulan tuga yang bisa kita temukan dimenu atas dibawah Blog Refleksi. Cara adalah dengan klik 'Add Contribution'  berada paling bawah sebelah kiri, kemudian kita pilih LK yang akan kita kirim, tentu jangan lupa dimana kita simpan kumpulan LK tersebut, Isi 'Tittle' dengan Nama LK, Konten kita isi dengan penjelasan mengenai LK yang dikirim, terakhir adalah 'update Contributiaon' untuk mengirimnya.
LK yang terkirim akan akan diberi umpan balik oleh pengampu, maka dari itu kita harus selalu mengecek e-portofolio ini.

5. Refleksi Sesi 
Berisi Blog Refleksi  adalah sarana untuk menceritakan pengalaman dan kesan-kesan, keluhan ataupun kesulitan selama menjalani aktifitas di sesei tersebut.



6. Chat Sesi
Sarana komunikasi sesama peserta dan pengampu untuk mendiskusikan masalah dan berbagi pengalaman yang berhubungan dengan materi pada sesi tersebut.

7. Penilaian Diri
Beberapa pertanyaan yang membutuhkan jawaban untuk menilai diri kita sendiri sehubungan dengan materi yang telah dipelajari.

8. Tes Sumatif
Tes akhir sesi sebagai alat ukur keberhasilan kita dalam mempelajari materi pada sesi. Tes ini mempunyai durasi tertentu dan kesempatan terrtentu. Misalnya kesempatan membuka hanya dua kali dengan durasi waktu 20 menit.


9. Prinsip Penilaian Kompetensi Peserta
 Penilaianan dalam GP Daring bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian hasil belajar dan tingkat penguasan materi, baik pada ranah pengetahuan maupun keterampilan yang telah dipelajari. Hasil penilaian pada modul Kelompok Kompetensi akan diangkat sebagai nilai UKG pada kelompok modul yang diikuti.

Penilaian dalan GP Daring akan dilakukan secara otomatis didalam sistem GP Daring.

Nilai Akhir (NA) peserta diperoleh dari komponen :

a. Penilaian Diri (PD)
    Penilaian diri merupakan tugas-tugas (baik pengetahuan maupun keterampilan) yang harus               diselesaikan oleh peserta. Kemudian peserta menilai sendiri hasil pekerjaannya sesuai dengan rubrik    yang telah disediakan di sistem GP Daring.

b. Tes Sumatif (TS)
   Tes Sumatif dilakukan oleh peserta disetiap akhir sesi. Hasil akhir tes sumatif merupakan rata-rata       dari keseluruhan tes sumatif yang dilakukan.

c. Tes Akhir (TA)
     Tes Akhir dilakukan peserta pada akhirpembelajaran di sesi penutup.


Nilai Akhir (NA) diperoleh dengan komposisi sebagai berikut :

                          NA = 10%PD + 50%TS + 40%TA
    
Peserta GP Daring akan mendapatkan sertifikat dengan kategori :

Amat Baik            :     90 - 100
Baik                      :     75 - 89
Cukup                   :     65 - 74

Demikian sedikit mengenai langkah-langkah dalam pembelajaran GP Daring semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar :

Posting Komentar