expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Senin, 26 September 2016

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN MODA DARING

Halaman Depan LMS
Memasuki minggu kedua program Peningkatan kompetensi melalui program Guru Pembelajar, semoga bapak/Ibu telah menyelesaikan tahapan minggu pertama yaitu Sesi Pendahuluan. Selamat untuk Bapak/Ibu yang menyelesaikan tahapan ini dan untuk selanjutnya memasuki minggu kedua sampai pada Sesi 1.

Dalam tulisan ini penulis mengajak Bapak/Ibu untuk memulai menelaah LMS secara bertahap.
Pada sajian Memulai Kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring telah disampaikan berbagai macam fitur profil mulai menambahkan foto dan keterangan lainnya.
Pendahuluan

Sebelum Sesi Pendahuluan ada beberapa tautan yang harus kita pelajari, yaitu dengan meng-klik tautan/kalimat tersebut..

1. Pengumuman dan Berita.

Tautan ini berisi pengumuman dan berita dari Pengampu/mentor untuk peserta. Discussion adalah judul atau topik pengumuman. Started by adalah pengampu atau mentor yang menyampaikan pengumuman. Untuk mengtahui isinya adalah dengan klik judulnya.

2. Forum Umum
 Forum  yang terbuka selama pembelajaran daring berlangsung. Tujuan forum ini adalah untuk mewadahi aktivitas diskusi, berbagi pengalaman dan saling membantu memecahkan kendala selama kegiatan berlangsung. Forum ini adalah forum milik peserta, bagi dan untuk peserta.
Caranya dengan klik Add a new discussion topic, sesudah tautan terbuka maka kita tulis judul pada kotak Subject, dan untuk topik yang akan kita sampaikan kita tulis pasa kotak Massage. Untuk mengirim klik post to forum, dan batal  jika ingin membatalkan. Untuk menanggapi kiriman dari peserta lain cukup dengan klik judul dan selanjutnya masukkkan tanggapan pada kotak yang tersedia dan kirim.
Tampilan Forum umum

3.Petunjuk Penggunaan Ikon
Berisi ikon-ikon atau tanda yang nantinya banyak kita temui dalam proses pembelajaran, berikut keteranngan dan fungsi ikon tersebut.
Tampilan Petunjuk Penggunaan Ikon



4. Frequenly Asked Questions (FAQs)
Pengembang berusaha merumuskan beberapa pertanyaan yang mungkin sering ditemui oleh peserta, dan setiap pertanyaan disertai dengan jawaban. Ada banyak sekali pertanyaan, tin ggal kita pilih yang sessuai dengan kesulitan yang kita alami.
Frequenly Asked Questions (FAQS)

5. Petunjuk Umum Fasilitasi Bagi Mentor
Dalam sistem pembelajaran moda daring mentor berperan sebagai fasilitator, motivator, dan asesor bagi peserta. Disini samsampaikan langkah kegiatan yang harus dilakukan oleh mentor.
Petunjuk Bagi Mentor

6. Blog Refleksi
Berisi reflesi atau kesan-kesan. Topik boleh berupa apa saja dan kita bisa menanggapi topik atau kesan yang telah disampaikan oleh peserta lain. Cara penyampaian sama dengan Forum Umum
Blog Refleksi


7. e-Portofolio
Adalah fitur untuk mengunggah Lembar Kerja yang telah kita kerjakan. E-portofolio adalah sekumpulan berkas pribadi yang merupakan dokumentasi bukti fisik pencapaian hasil atas proses kegiatan pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring. Dalam hal ini e-portofolio merupakan kumpulan dokumen peserta Guru Pembelajar Moda Daring yang bertujuan untuk mendokumentasikan perkembangan proses belajar sesuai dengan target kompetensi yang telah ditetapkan. Dokumen yang terkumpul pada akhirnya dapat digunakan sebagai refleksi pribadi.
tampilan e-portifolio



E-portofolio dapat berbentuk latihan dan tugas yang dikerjakan, baik secara luring maupun daring yang terdapat dalam sistem, catatan hasil diksusi kelompok saat pertemuan luring, laporan kegiatan dan tulisan atau jurnal yang dibuat Guru Pembelajar.
Di akhir pembelajaran Guru Pembelajar Moda Daring ini, peserta diharapkan mencapai kompetensi yang dibuktikan dengan memenuhi beberapa tagihan yang dipersyaratkan dalam bentuk Lembar Kerja (LK) yang diunggah ke dalam e-portofolio ini. 

Demikian langkah awal sebelum kita memulai pembelajaran, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah membuka semua ling/tautan yang ada dan selanjutnya memahami isinya, dan melanjutkan pada tahap berikutnya dengan urut tanpa ada langkah yang dilewati.

Untuk kegiatan selanjutnya klik di LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN MODA DARING ( 2 )



2 komentar :