expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 14 Maret 2012

Bulu Tangkis

1. Sejarah Bulu Tangkis

Badminton sudah dikenal di India pada tahun 1870-an. dengan nama battedore, yaitu jenis permainan yang dimainkan oleh dua orang yang berusaha mempertahankan 'bola' selama mungkin di udara dengan cara memukul ke depan ( forehand) atau kebelakang (backhand).
Pada awalnya orang menggunakan penepak dari kayu. dua orang berhadapan berusaha menepak kok selama mungkin.

Daya tarik bulu tangkis adalah bila kok dipukul keatas, maka saat jatuh, kok akan melambat yang memungkinkan orang akan mengejar dan memukulnya kembali. ada pendapat yang mengatakan bahwa asal mula kok ketika ada seseorang duduk melamun dibelakang meja yang tanpa sengaja mengambil tutup botol dari gabus kemudian menancapkan beberapa bulu unggas yang kala itu digunakan sebagai pena. Maka jadilah bentuk kok sederhana.(Sugeng Aryanto :2007)

Asal mula " Badminton" berasal dari rumah (istana) yang bernama Badmintaon House milik Duke of Beaufort. Dikarenakan masyakat mengenal permainan ini dari sini.

pada 1840 hingga 1850-an, keluarga Duke of Beufort VII sering melakukan olahraga ini. Bosan dengan permainan yang itu-itu saja.mereka merentangkan tali antara pinti dan perapian, kemudian mereka memainkan kok melewati tali tersebut. Dan disinilah awal mula dari kemunculan net.

2. Lapangan

Lapangan untuk pertandingan internasionalmenggunakan semen yang dilapisi dengan kayu lantai.
Lapangan Bulu Tangkis mempunyaiukuran 6,1 x 13,4 meter,yang dibagi dalam bidang-bidang, masing-masing dua sisi yang berlawanan. Wilayah service untuk tumnggal mempunyai lebar 5,18 meter dengan panjang 13,4 meter.Wilayah service ganda berukuran 6,10 meter dengan panjang 11,8 meter. Garis service pendek berukuran 1,98 meter darijaring. Kotak service kiri dan kanan dopisahkan dengan garis ditengahnya.

3. Net

Net berada di tengah-tengah lapangan dengan ketinggian 155 cm dari permukaan lapangan. Net merupakan pembats bidang permainan antara pemain dengan lawannya. Tinggi net sama untuk semua jenis permainan, baik tunggal maupun ganda.

4. Raket

Raket yang awalnya terbuat dari kayu sekarang terbuat dari komposit serat karbon (Plastik bertulang ngrafit ) Biasanya semakin mahal harganya akan semakin ringan dan kuat.

5. Shuttlecock

Terbuat dari bulu angsa. Menurut IBF, Berat sekitar 5.67 gram, dengan  bulu yang menempel pada gabus berjumlah antara 14-16 buah, dan diikat dengan tali supaya tidak mudah lepas.

6. Aturan main.............. ( bersambung )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar