Sabtu, 14 Januari 2023

Mengapa Kurikulum Harus Berubah?

 

Kurukulum adalah kumpulan atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam kegiatan belajar mengajar

Dikutip dari Wikipedia :

Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan.

Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja

Kurikulum dimaknai sebagai keseluruhan pengalaman belajar murid, titik awal sampai titik akhir pengalaman belajar. 

Peran dan fungsi kurikulum:
  1. mewariskan nilai dan budaya masyarakat yang relevan 
  2. mengembangkan sesuatu yang dibutuhkan saat ini dan masa depan
  3. menilai dan memilih sesuatu yang relevan atau kontekstual sebagai kontrol sosial

Mengapa Kurikulum Harus Berubah?

Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang sesuai dengan zamannya, kurikulum bersifat dinamis dan terus dikembangkan atau di adaptasi sesuai konsep dan karakteristik murid demi membangun kompetensi sesuai kebutuhan mereka ini dan masa depan.

Cara Belajar siswa kita pun sekarang mengalami perubahan jika dahulu referensu sumber belajaradalah perpustakaan dan buku paket, sekarang mereka dengan mudah mencari materi pembelajaran dengan akses internet. Pandangan mereka tentang masa depanpun mengalami perubahan. Jika ditanya soal cita-cita mereka berkeinginan menjadi tentara, dokter, guru, sekarang bergeser menjad- programer komputer, menciptakan aplikasi game,  atau youtuber.

Ki Hajar Dewantara :  Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
 Demi menuntun kodrat murid-murid guru harus terus menyesuaikan dengan kebutuhan, belajar terus untuk mengikuti dan memahami trend kehidupan murid . 
Kehidupan selalu dinamis, untuk menjawab tantangan zaman kurikulum tidak dapat dipergunakan dalam satu waktu terus-menerus karena dunia terus berubah, maka dunia pendidikan sebagai pilar utama dalam membangun dan mendidik generasi harus pula turut berubah.

Mengapa Kurikulum Perlu beradaptasi?

Kurikulum yang ditetapkan secara Nasional tidak bisa diterapkan disemua daerah yang mempunyau kultur budaya, kondisi alam yang berbeda. Kurikulum perlu diadaptasi sesuai dengan kondisi geografis dan latar belakang budaya, dan sosiologi  dimana sekolah berada. Kurikulum pada sekolah didaerah perkebunan tentu tidak sama dengan kurikulum didaerah pedesaan yang mayoritas penduduknya sebagai nelayan. Demikian juga dengan sekolah yang berada diperkotaan dengan lingkungan industry disekitarnya.



KURIKULUM DALAM PEMBELAJARAN

Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan disusun berdasarkan kurtur budaya, letak geografis, dan kebutuhan masyarakat. 
Siswa perlu dilibatkan dalam pembuatan kurikulum. Perlu survey sebekum menentukan kigiatan ekstrakurikuler misalnya, agar relevan dengan kondisi masyarakat setempat.  Peran serta masyarakat juga perlu dilibatkan, misalnya narasumber keahlian yang dimilikinya untuk memperkuat projek Profil Pelajar Pancasila
Program peningkatan kompetensi guru juga harus ada dalam penyusunan kurikulum agar selalu mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan zaman.
Prinsip penyusunan kurikulum harus berpusat pada murid, kontekstual, essensial, dan juga akuntabel, melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Kesimpulannya adalah walaupun Kemendikbud ristek sudah menyiapkan contoh kurikulum operasional sebagai inspirasi dan pembelajaran tapi bukan berarti kita tidak bisa mengembangkannya mari  kita  kembangkan sesuai dengan konteks satuan pendidikan masing-masing dokumen kurikulum operasional satuan pendidikan sangat dinamis mengikuti perubahan dan kebutuhan. 
 Dokumen ini dapat diperbaharui secara berkesinambungan menjadi referensi dalam keseharian, direfleksikan dan terus dikembangkan 

Bagaimana, apakah kita  sudah siap menyusun dan mengembangkan kurikulum dalam pembelajaran Selamat guru hebat salam dan bahagia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar