expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 09 Juni 2017

PEMBELAJARAN PKB MODA DARING KOMBINASI

Program peningkatan kompetensi guru melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang pada tahun 2016 adalah Program Guru Pembelajar (GP). Program PKB merupakan kelanjutan dari program Guru Pembelajar. Salah satu hal yang menarik pada tahun 2017 adalah adanya peningkatan Kriteria Capaian Minimum (KCM) dari 65 menjadi 70. Jadi jangan heran jika Kelompok Kompetensi (KK) yang merah akan bertambah.

Sambil menunggu program berjalan, berikut ada panduan pembelajaran pada moda daring.
Sebagai sampel adalah Kelompok Kompetnsi A pada mapel PJOK.


Tampilan awal sesudah 'Login' adalan Kelompok Komnpetensi (KK) yang akan kita pelajari yang terdiri dari Kompetensi Paedagogik dan Kompetensi Profesional.

Kotak dialog sebelah kanan adalah jalan pintas yang bisa kita kunjungi, berisi urutan kegiatan dalam pembelajaran.


Sebelum memulai pembelajaran ada beberapa kegiatan yang harus dilalui, diantaranya adalah ;

  a. Pengumuman dan berita
  b. Forum Umum
  c. Forum Pengampu dan Mentor
  d. Glosarium
  e. Petunjuk Penggunaan icon
  f. Frequanly Asked Questions ( FAQs)

Disebelah kana  ada tab Course Cempetion Status adalah tempat dimana kita bisa melihat progres kegiatan kita selama pembelajaran.


Selanjutnya ada fitur Chat, ini bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna tentunya segala sesuatu yang ada hubungannya dengan pembelajaran. 

E-Portofolio adalah tempat dimana kita mengirim Lembar Kerja (LK). 
Untuk menampilkan keseluruhan fitur yang ada pada halaman (LMS) DIGUNAKAN 'tab 'Open all".


Memasuki sesi Pendahuluan, kita harus melalui semua langkah-langkah yang ada. Kunjungi semua link (kegiatan pembelajaran), hal ini penting karena pebelajaran tidak bisa berlanjut jika ada langkah-langkah yang terlewati. Indikatornya adalah centangan pada kotak-kotak kecil.



 Memasuki sesi 1 kegiatan yang harus diselesaikan adalah :  Pengantar sesi, dan semua kegiagtan yang ada  didalamnya, forum sesi, bahan bacaan, dan link LK yang bisa diunduh untuk dikerjakan.




Refleksi merupakan fitur untuk menuliskan kesan dan pesan beberapa pengalaman setelah melakujkan pembelajaran pada masing-masing sesi.

Penilaian diri adalah sarana untuk mengukur sebatas mana penguasaan kita terhadap materi yang telah dipelajari. Dilanjutkan dengan tes sesi.

Demikian sedikit gambaran damal pembelajaran dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Untuk saran dan tambahan silakan tambahkan pada kolom komentar.




Tidak ada komentar :

Posting Komentar