expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 17 Mei 2017

CARA INPUT NILAI RAPOR PADA DAPODIK 2017


Aplikasi DAPODIKDAS 2017 mempunyai menu baru untuk pengisian nilai raport pada tiap semester dan nilau UASBN peserta didik tingkat akhir pada semester genap tahun pelajaran.
 Nilai rapor yang dientry adalah 6 semester terakhir dari satuan jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SMK, dan  SLB.

No.
Jenjang
Kurikulum 2006
KURTILAS
1.
SD – SLB
Semester 7 s/d 12
Semester 9 s/d 12
2.
SMP - SMPB
Semester 1 s/d 6
Semester 1 s/d 6
3.
SMA, SMK, SMALB
SEMESTER 3 s/d 6
Semester 1 s/d 6

Fasilitas entry nilai ini dapat dilihat pada masing-masing sekolah, misalnya untuk SD adalah mulai tahun pelajaran 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017, serta nilai UASBN untuk kelas VI tahun pelajaran 2016/2017.

Pada jenjang SD/SDLB entry nilai raport sudah dapat diinput pada versi 2017-c, pastikan aplikasi dengan versi terbaru. Jika belum tersedia tab nilai rapor maka terlebih dahulu harus dilakukan pembahaaruan aplikasi atau dengan mengunduh prefill raport kemudian lakukan pemasangan.

Langkah-langkah yang dilakukan adalah :



1.      Operator sekolah dapat mengunduh format nilai mata pelajaran masing-masing semester pada tiap tahun pelajaran dan diberikan kepada PTK atau wali kelas untuk mengisinya.

2.      Memilih tahun pelajaran dan semester, menentukan kelas dan semester
3.      Untuk memunculkan mataa pelajaran gunakan tab ‘tambah’ kemudian pilih mata pelajaran dengan nomor urut yang bisa disesuaikan.

4.      Masukkkan semua mata pelajaran sesuai yang diajaarkan dikelas. Untuk mengunduh format nilai dapat dilakukan dengan klik dua kali pada mata pelajaran yang dipilih, kemudian pilih ‘exprt dan import dan ‘unduh format excel untuk import’.

5.      Lakukan pada semua mapel dan disimpan pada folder tertentu di perangkat komputer.

Memasukkan Nilai pada Aplikasi :

Entry nilai hanya bisa dilakukan oleh guru mata pelajaran atau guru wali kelas.
1.      Login sebagai PTK

2.      Jika PTK adalah wali kelas, maka bisa menginput nilai semaua siswa pada semua mata pelajaran.



3.      Pilih tahun pelajaran
4.      Pilih rombel  dan semester
5.      Double klik pada mata pelajaran.





6.      Pada kolom kanan akan muncul tabel nama siswa dan isian nilai. Pengisian bisa dilakukan dengan fasilitas import excel atau mengisi satu-satu pernama siswa, dsengan double klik. Kemudian simpan.
7.      Jika ada kekeliruan atau menginginkan perubahan, pada sisi atas ada tab ‘ubah’, simpan’, ‘hapus’, dan simpan KKM.


8.    
  Setiap selesai pengisian atau perubahan jangan lupa disimpan.

Demikian tahap-tahap entry nila pada Aplikasi Dapodik semoga bisa membantu. Dan jika ada masukan dan tambahan saran silakan komentar dibawah.

1 komentar :