expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 06 Mei 2011

Bermain Futsal


Sejarah

Kata Futsal berarti sepak bola dalam ruangan. "Fut" dari kata Futbol atau futebol, dalam bahasa Spanyol dan Portugal berarti sepak bola. Dan 'Sal" diambil dari kata sala atau salao yang berarti dalam ruangan. Kata ini diperkenankan oleh FIFA ketika mengambil alih futsal pada tahun 1989. sebelumnya ada beberapa nama yang dipakai, diantaranya Fife-a-side-game, mini soccer, ataupun indoor soccer.

Secara resmi FIFA menyatakan Futsal diciptakan di Montevideo, Uruguay pada 1930, oleh Juan Carlos Ceriani yang melatih Timnas Uruguay, dalam mempersiapkan timnya menghadapi Piala Dunia yang pertama kali.

Merasa terganggu dengan cuaca yang sering hujan, ceriani memikirkan sebuah solusi dengan memindahkan latihan dalam ruangan. Disini Ceriani mengubah beberapa peraturan permainan, termasuk jumlah pemain menjadi 5 orang untuk menyesuaikan luas lapangan.

Keuniukan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Serikat, utamanya di Brazil.
Turnamen internasional pertama di adakan pada tahun 1965, di Sao Paulo, Brazil. Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama dengan mengalahkan Brazil yang lebih di unggulkan dengan statusnya sebagai tuan rumah.

Lapangan

Berbentuk persegi panjang. Panjang 25 - 42 meter, lebar 15 - 25 meter.
Lapangan ditandai dengan garis selebar 8 cm. Lapangan dibagi 2, kemudian dibuat lingkaran pada titik tengah dengan radius 3 meter.

Waktu

Waktu Normal pertandingan adalah 2 x 20 menit, dimana 20 menit tiap babak terdiri dari waktu yang bersih, yang tidak menghitung waktu saat bola mati.

Time Out
  • time out dapat diminta oleh masing-masing pelatih selama satu menit, pada saat timnya mengnuasai bola.
  • ketika time out semua pemain harus tetap dalamlapangan, offisial memberi intruksi pada garis pembats lapangan, yang sejajar dengan tempat duduk tim dan pemain cadangan.
  • tim out hanya satu kali pada setiap babak pada masing-masing tim.
Pemain

Pemain masing-masing tim sebanyak 5 orang, yang salah satu diantaranya adalah penjaga gawang. Dengan pemain cadangan maksimum 7 pemain.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pergantian pemain adalah jika pemain masuk lapangan sebelum pemain yang digantikan keluar lapangan secara sempurna maka :
  1. Permainan di hentikan
  2. Pemain yang diganti diperintahkan untuk meninggalkan lapangan
  3. Pemain pengganti tersebut diperingatkan dengan menunjukkan kartu kuning
  4. Permainan dimulaikembali dengan melakukan tentangan bebas tidak langsung dilakukan oleh tim lawan dari tempat dimana bola berada ketika permainan di hentikan.
  5. Jika bola dalam daerah pinalti, tendangan bebas tidak langsung dilakukan dari garis daerah pinalti, dilakukan dari tyempat terdekat dengan posisi bola ketika permainan dihentikan.
Kick off

Kick Off dilakukan pada awal pertandingan, serta untuk memulai pertandingan ketika gol tercipta. Pada Futsal Kick off sangatlah penting , karena sebuah gol dapat langsung dicetak dari kick off.
Pada saat kick off seluruh pemain harus berada dalam setengah lapangannya masing-masing. lawan dari tim yang melakukan kick off harus berasa minimal 3 m dari bola hingga bola dalam permainan.

Tendangan Bebas langsung

Tendangan bebas langsung diberikan kepada tim lawan. jika seorang pemain melakukan :
  1. Menendang atau mencoba menendang lawan
  2. mengganjal atau mencoba mengganjal lawan
  3. menerjang lawan
  4. mendorong lawan, meskipun dengan bahunya
  5. memukul atau mencoba memukullawan
  6. memegang lawan
  7. melakukan sliding tackle dalam rangka merebut bola.
  8. memegang bola dengan sengaja.
Semua pelanggaran di atas merupakan kumpulan pelanggaran yang diakumulasikan.

Tendangan bebas tidak langsung

Tendangan ini diberikan kepada lawan jika seorang penjaga gawang telah melakukan pelanggaran sebagai berikut :
  1. setelah melepaskan bola dari tangannya,kemudian menerima kembali dari rekan timnya(dengan kaki maupun tangan ), sebelum melewati garis tengah atau sebelum tersentuh oleh pemain lawan.
  2. menyentuh bola dengan tangganya dengan secara sengaja dikembalikan kep[adanya oleh rekan tim (back Pass )
  3. menyentuh atau menguasai bola dengan tangganya, setelah ia menerima bola langsung dari tyendangan ke dalam yang dilakukan oleh rekan tim.
  4. menguasai bola melebihi empat detik.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar