Kamis, 05 September 2013

Perihal PADAMU NEGERI dan DAPODIK - Operator Jadi Korban?

 Adanya beberapa aplikasi di dunia pendidikan belakangan ini sedikit banyak ' merepotkan' guru yang sejatinya sebagai pendidik. Bagaimana tidak, sistem pendataan yang tidak hanya  satu cukup menyita perhatian dan waktu. Apalagi di jenjang Sekolah Dasar yang sama sekali tidak ada tenaga administrasi atau Tata Usaha. Sistem Pendataan DAPODIK yang baru saja diluncurkan,kin i muncul Padamu Negeri, dan tak lama lagi ada Aplikasi TRIMS. Tentu semuanya bertujuan baik, tapi apakah tidaklebih baik jika hanya ada satu aplikasi yang mencakup keseluruhan data yang diperlukan?    


Berikut ada petikan dari Admin Pusat BPSMDMPK-PMP KEMDIKBUD : 

PADAMU NEGERI tidak ditujukan sebagai pengganti program DAPODIK Kemdikbud. Layanan PADAMU NEGERI dikelola oleh BPSDMPK-PMP Kemdikbud bekerjasama dengan PT. Telkom secara legal dalam rangka pelaksanaan tupoksi Penjaminan Mutu Pendidikan melalui program EDS dan VerVal NUPTK yang telah berlangsung setiap tahun sejak tahun 2006 hingga saat ini. Dari kerjasama tersebut Sistem PADAMU NEGERI dibangun diatas "Platform" Aplikasi SIAP Online Edisi Gratis (Bebas Biaya) milik PT. Telkom.

Hasil PADAMU NEGERI sebagai dasar perencanaan program UKG, Sertifikasi Guru, Diklat PTK di periode selanjutnya mulai 2014 nanti.

Jadi tidak perlu ada kekuatiran berlebihan terhadap kehadiran PADAMU NEGERI yang tujuannya berbeda dengan DAPODIK. Hal ini sama halnya dengan program PDSS dari Dikti untuk proses seleksi SNMPTN (https://pdss.snmptn.ac.id/).


PADAMU NEGERI terbuka untuk menunggu hasil DAPODIK secara menyeluruh agar bisa segera berbagi data yang akurat melalui PDSP sehingga layak menjadi sumber referensi data utama bagi unit kerja lainnya yang membutuhkan termasuk PADAMU NEGERI BPSDMPK-PMP. Jika nantinya hasil DAPODIK telah siap dan terbuka akses datanya melalui PDSP maka PADAMU NEGERI tentu akan menyesuaikan di periode selanjutnya.

PADAMU NEGERI mendukung program DAPODIK sebagaimana yang direncanakan untuk digunakan sebagai sumber data tunggal (referensi data utama) bagi seluruh unit utama di Kemdikbud mulai tahun 2014 nanti. 

BPSDMPK-PMP sebagai salah satu unit utama Kemdikbud telah menyiapkan Aplikasi PADAMU NEGERI saat ini termasuk perangkat pendukungnya untuk terintegrasi dengan DAPODIK mulai 2014 nanti sebagaimana surat edaran dari Wamendikbud tanggal 30 Agustus 2013. PADAMU NEGERI juga disiapkan sebagai "Contingency Plan"  BPSDMPK-PMP untuk antisipasi pada suatu keadaan yang tidak sesuai rencana utama tersebut..


Demikian semoga bisa mencerahkan semua pihak terkait. 



Salam PADAMU NEGERI INDONESIAku,

Admin Pusat
BPSMDMPK-PMP KEMDIKBUD

Disalin pada Jumat, 06/09/2013 - 01.35 WIB.
Untuk komentar silakan dibawah ini.,






Tidak ada komentar:

Posting Komentar