Kamis, 17 November 2016

BEST PRACTICE GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA

PROGRAM GURU PEMBELAJAR MODA TATAP MUKA DI SMA SANTA MARIA TAHUN 2016 MENUMBUHKAN SEMANGAT GURU SENANTIASA BELAJAR UNTUK MENIGKATKAN KOMPETENSI DIRI










Oleh:


SUDADI , S.Pd.








SEKOLAH DASAR NEGERI 1 UKIR
KECAMATAN SALE KABUPATEN REMBANG
2016







PEMERINTAH KABUPATEN REMBANG
UPT DINAS PENDIDIKAN
KECAMATAN SALE
SD NEGERI 1 UKIR
Alamat : Desa  Ukir, Kecamatan Sale Kab. Rembang 59265
 


SURAT KETERANGAN
No. 422.1/        /2016

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                               : ABDULLAH SYUKURI,S.Pd
            NIP                                  : 19670501 198702 1 002
            Gol.Ruang                       : IV a
            Jabatan                            : Kepala SD Negeri 1 Ukir Kecamatan Sale
Dengan ini menerangkan bahwa:
            Nama                               : SUDADI,S.Pd
            NIP                                  : 19710208 200212 1 004
            Jabatan                            : Guru SD Negeri 1 Ukir Kecamatan Sale

Telah melaksanakan Kegiatan Guru Pembelajar Moda Tatap Muka dan membuat best practice dengan Judul  Program Guru Pembelajar Moda Tatap Muka Di SMA Santa Maria Rembang Tahun 2016 Menumbuhkan Semangat Guru Senantiasa Belajar Untuk Menigkatkan Kompetensi Diri
Demikian surat keterangan ini dibuat, untuk digunakan sebagai mestinya.


Ukir, 14 November 2016
Kepala Sekolah


ABDULLAH SYUKUR, S.Pd
NIP. 19620227 198405 1 003

KATA PENGANTAR
Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberi petunjuk, membimbing, memberi rahmat kepada kami sehingga dapat menyusun best practice ini yang merupakan bukti fisik adanya keikutsertaan dalam kegiatan peningkatan Mutu Kompetensi Guru melalui program Guru Pembelajar sebagai mentor
Best Practice  ini dilakukan dalam rangka ikut berperan serta dalam usaha meningkatkan kompetensi diri melalui,program guru pembelajar..
Kelancaran dan keberhasilan dalam pembuatan best practice ini berkat adanya dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu disampaikan terima kasih kepada :
1.      Kepala Sekolah SD Negeri 1 Ukir  yang telah membantu dan memberi arahan dalam kegiatan penyusunan laporan  ini.
2.      Segenap Guru dan Pegawai SD Negeri 1 Ukir yang telah terlibat secara langsung dalam pembuatan laporan  ini.
3.      Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sale yang telah memberi petunjuk, saran dan nasihat dalam penyusunan best practice ini.

Kritik dan saran yang bersifat inovatif sangat kami harapkan demi peningkatan pengetahuan kami.

       Sale, November  2016


                                                                                Penulis



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.................................................................. ................................i
LEMBAR PERSETUJUAN....................................................................................... ii
KATA PENGANTAR ......................................................................................... ......iii
DAFTAR ISI ............................................................................................................. iv
ABSTRAK.................................................................................................................. v
DAFTAR TABEL....................................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR................................................................................................. vii
PENDAHULUAN........................................................................................................ 1
1.      Latar Belakang Masalah.................................................................................. 1
2.      Pendekatan Penyelesaian Masalah................................................................... 2
3.      Tujuan.............................................................................................................. 2
4.      Manfaat............................................................................................................ 3
A.    LANGKAH-LANGKAH PENYELESAIAN MASALAH..................... ............3
B.     INDIKATOR  KEBERHASILAN....................................................................... 6
a.       Instrumen Keberhasilan................................................. ............................6
b.      Nilai Akhir Peserta .................................................. .................................7
c.       Predikat Nilai............................................................................................ 8
d.      Waktu dan Tempat.................................................................................... 8
e.       Struktur Program..................................................................................... 8
C.     HASIL YANG DICAPAI........................................................................................ 9
  1. SIMPULAN DAN SARAN......................................................................... 10
a.       Simpulan.............................................................................................. 10
b.      Saran.................................................................................................... 10
  1. DAFTAR PUSTAKA................................................................................... 11
  2. LAMPIRAN................................................................................................. 12



ABSTRAK

SUDADI, S.Pd.2016. Program Guru Pembelajar Moda Tatap Muka Di          SMA Santa Maria Rembang Tahun 2016 Menumbuhkan Semangat Guru Senantiasa Belajar Untuk Menigkatkan Kompetensi Diri
.                  Best Practice
Kata Kunci: : Guru Pembelajar, Andragogi
Guru sebagai insan pendidik sekaligus fasilitor bagi peserta didik harus mengusasi kompetensinya sebagai guru. Melalui Uji Kompetensi Guru  yang dilaksanakan tahun 2015 dapat diketahui kondisi objektif guru saat ini dan kebutuhan peningkatan kompetensinya.
Best Practice ini merupakan rangkuman kegiatan  Guru Pembelajar moda tatap muka pola in-on-in pola 30:30. Kegiatan yang dilaksanakan di SMA Santa Maria Rembang ini melibatkan 40 peserta guru pembelajar. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan andragogi. Andragogie memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada peserta untuk berpendapat dan berperan aktif dalam mengkaji modul dan pemecahan masalah yang ada dalam Lembar Kerja (LK).
Kegiatan peningkatan kompetensi guru melalui program guru pembelajar moda tatap muka memberikan semangat baru bagi peserta untuk terus belajar. Dari penilaian sikap selama proses pembelajaran didapatkan bahwa 75% mendaparkan kategori sangat baik, 25% lainnya dalam kategori baik. Sedangkan untuk keterampilan peserta 95% sangat baik dan 5% lainnya baik. Adalah sebuah indikator yang menggembirakan, semoga dalam menempuh uji kompetensi nantinya bisa mendapatkan nilai kelulusan sesuai dengan yang diharapkan.




DAFTAR TABEL

Tabel    1.1 : Data Peserta UKG 2015 .................................................................... 1
Tabel    `1.2 : Predikat Nilai..................................................................................... 8
Tabel    1.3 : Hasil Struktur Program........................................................................ 8
Tabel    1.4 : Hasil Penilaian Sikap........................................................................... 9
Tabel    1.5 : Hasil Penilaian Keterampilan.............................................................. 9



                                                 
DAFTAR GAMBAR


Gambar    1.1  :  Hasil Penilaian Sikap dan Keterampilan....................................... 9





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar